17/04/11

Planet Terkecil di Luar Tata Surya

alt
Kepler 10b, planet terkecil di luar tata surya kita dengan suhu ekstrim hingga mencapai 1.500 C. (NASA)

Planet ini jauhnya sekitar 3.000 juta mil dengan suhu 2.400 F, sehingga tidak mungkin bagi kehidupan alien.
Dunia berbatu yang diberi nama Kepler 10b ini sedang dipaparkan oleh para astronom sebagai salah satu penemuan terbesar dalam sejarah—sebuah ‘pertalian yang hilang’ antara Bumi dengan planet-planet raksasa yang terbuat dari gas.
Nasa pada 10 januari lalu telah mengungkap Kepler 10 secara lengkap, sebagai planet berbatu terkecil di luar tata surya kita, untuk pertama kalinya.
Planet ini ukurannya 1,4 Bumi dengan orbit bintang yang jauhnya 560 tahun cahaya.
Planet ini ditunjuk dengan tepat oleh Kepler, teleskop senilai 380 juta pound milik NASA, yang pangkalannya terletak pada satelit ruang angkasa, dan telah melakukan observasi lebih dari delapan bulan. Panas yang kuat dari Kepler 10b berasal dari orbit bintang yang begitu dekat, namun terlalu jauh dan kecil untuk diamati secara langsung.
Ukuran planet dan orbit planet ini dapat terpecahkan dengan mengukur frekwensi serta ukuran dari ‘kedipannya’.
Dr. Geoffrey Marcy, dari University of California, Berkley, mengatakan bahwa Kepler 10b adalah ‘sebuah jembatan penghubung antara planet-planet gas raksasa yang telah kita temukan dengan Bumi‘.
alt
Planet berbatu—yang dinamai Vulcan oleh sejumlah ilmuwan NASA. (AFP/Getty Images)

Ia menambahkan, “Hal ini pertanda sebagai salah satu temuan ilmiah yang paling mendalam dalam sejarah manusia.”
 “Temuan Kepler 10b merupakan tonggak penting dalam pencarian planet yang mirip dengan Bumi kita,” ujar seorang juru bicara NASA di Washington.
Teleskop ruang angkasa telah diluncurkan ke dalam orbit Bumi, Maret 2009, yang nampaknya untuk mengamati planet-planet dalam gugus Cygnus dan Lyra.
Dr. Natalie Batalha, dari Pusat Riset Ames, NASA, di Moffett Field, California, yang juga penulis makalah utama tentang penemuan ini dalam Jurnal Astrophysical, mengatakan, “Seluruh kemampuan terbaik Kepler telah dikumpulkan untuk menghasilkan bukti kuat pertama dari sebuah planet berbatu yang mengorbit satu bintang selain matahari kita.”
Tahun lalu sebuah obsrevatorium Eropa telah menemukan planet yang paling mirip dengan Bumi—sebuah dunia tiga kali ukuran Bumi kita.
Planet Gliese g nampaknya memiliki atmosfir dan gravitasi yang mirip dengan Bumi. 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger