14/04/11

Kucing Borneo langka tertangkap kamera

Kucing Borneo (Catopuma badia), kucing terlangka di dunia beberapa hari lalu tertangkap kamera di Taman Nasional Pulong Tau, Sarawak, Malaysia. Kucing berwarna abu-abu gelap ini terakhir terlihat pada 2003.

http://image.tempointeraktif.com/?id=60826&width=490

Para peneliti yang bekerja di Taman Nasional itu memperlihatkan tiga gambar kucing Borneo. Gambar terakhir penampakan kucing ini, tujuh tahun lalu, diambil oleh Lanjak Entimau, juga di daerah Sarawak bagian selatan.

"Dengan foto kucing ini, menunjukkan taman nasional Pulong amat penting bagi kelangsungan spesies langka," kata Dr Paul Chai Pang Kiong, manajer proyek ini seperti dikutip dari laman theborneopost.

Penampakan kucing ini juga memberi harapan baru bagi peneliti, bahwa kucing ini masih bisa bertahan dari ancaman para penebang ilegal yang merusak sebagian besar habitat mereka.

"Terus terang, aku menjadi semangat, Taman Nasional ini masih mampu mempertahankan spesies yang terancam punah," kata seorang peneliti, Wilhelmina Cluny seperti dikutip dari laman Telegraph, hari ini, Jumat (14/1).

Meski agak terlihat besar, kucing ini hampir seukuran kucing pada umumnya, namun mereka punya buntut yang panjang. Kucing ini juga kadang terlihat cokelat gelap dan memiliki taring.

Sumber : www.tempointeraktif.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger