12/04/11

Ditemukan, Bukti Tulisan Tertua Eropa di Yunani


Headline

 - Arkeolog Michael Cosmopoulus dari University of Missouri-St.Louis menemukan bukti tulisan tertua untuk wilayah Eropa. Tulisan itu ditemukan di Yunani.
Kota Iklaina, barat daya Yunani, pernah mengalami zaman Mycenaean 1.500 hingga 100 sebelum masehi (SM) dan pada 1.400 SM, kota itu ditaklukkan Raja Nestor. Cosmopoulus sendiri aktif menggali situs tersebut sejak 11 tahun lalu.
Arkeolog ini menemukan bukti istana Mycenaean, termasuk mural berwarna, tembok Cyclope serta sistem pembuangan drainase. Cosmopoulus mengaku tak menduga akan menemukan batu berisi tulisan tersebut.
Temuan itu berisi tulisan berusia 3.500 tahun. Selain itu, kepingan itu juga menunjukkan bermacam simbol Linear B, penulisan Yunani kuno yang terdiri dari 87 simbol. Nampaknya seperti dikutip Physorg, penduduk Mycenaean memakai kepingan batu untuk mencatat sesuatu.
Pada bagian depan kepingan, terdapat kata terkait kapan kepingan batu dibuat. Sementara bagian belakang berisi daftar nama dan nomor. Temuan ini memang bukan tulisan tertua dunia.
Namun merupakan bukti penulisan pertama di Eropa. Bukti penulisan yang ditemukan di China, Mesir dan Mesopotamia diyakini berusia lebih tua dari temuan ini. 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger