12/04/11

Astaga! Ada Restoran Yang Menjual Sup Daging Kucing

Ilmu kuliner telah mencatat banyak adat dan kebiasaan makan yang aneh dan unik di berbagai belahan dunia ini.  Namun menu yang satu ini tentunya menimbulkan kontroversi.  Betapa tidak, ada restoran yang menjual menu sup daging kucing!.
Bagi beberapa suku di dunia, kucing adalah binatang peliharaan yang paling disayangi, bahkan ada yang suku kuno yang mendewakannya.  Sehingga tidak terbayangkan jika ada yang ‘tega’ memakan daging binatang klangenantersebut. Namun makan sup daging kucing adalah tradisi di banyak bagian daerah  di China, terutama di daerah selatan, tempat beberapa restoran khusus mempersiapkan hidangan itu.  Sungguh selera makan yang tidak biasanya.
cat
Baru-baru ini para aktivis binatang di Shanghai telah menyelamatkan 300 kucing dari seorang pedagang yang membeli kucing-kucing yang diduga curian untuk dijual ke restoran-restoran di China selatan, menurut media negara tersebut.
Aktivis-aktivis yang bertindak berdasarkan informasi dari seorang pecinta kucing menemukan 22 kandang bambu penuh kucing di sebuah tempat langsiran kereta api barang. Rencananya, kucing-kucing itu akan dikapalkan ke Provinsi Guangdong.
Kebanyakan dari kucing-kucing itu telah dipulangkan kepada pemiliknya, tapi tiga kucing ditemukan mati dan beberapa patah kaki, kata laporan tersebut.
“Kucing-kucing itu tersiksa. Mereka melemparkan kandang-kandang itu ke atas sebuah trek, bukannya memuatnya dengan baik. Kucing-kucing yang masih hidup berakhir dalam sup di restoran-restoran,” Lai Xiaoyu, seorang aktivis yang terlibat dalam penyelamatan, Jumat malam, mengatakan pada surat kabar tersebut.
Restoran-restoran membayar sekitar 50 yuan (7,31 dollar AS) untuk satu ekor kucing, menurut laporan itu.
Polisi telah menahan penjual kucing itu, Yang Baoguo, setelah ia memerangi puluhan pencinta binatang yang turun ke tempat langsiran kereta api barang untuk merusak kandang-kandangnya.
Penjual itu dibebaskan setelah beberapa jam tanpa tuduhan karena undang-undang perlindungan binatang tidak ada di China, kata laporan tersebut. “Tidak ada undang-undang di China yang mengatakan kucing tidak dapat dimakan,” kata pejabat polisi Ma Yong seperti dikutip mengatakan, “Kucing bukan binatang yang dilindungi.”
Yang Baoguo telah berdagang kucing selama satu dasawarsa, membeli binatang tersebut dari para pemburu yang memerangkap kucing di daerah tempat tinggal pada waktu malam, kata laporan tersebut.
Polisi tidak dapat mendakwanya karena kepemilikan properti yang dicuri. Alasannya, tidak seperti anjing, lisensi tidak dibutuhkan untuk kepemilikan kucing di Shanghai, yang membuat kepemilikan tidak mungkin untuk membuktikan, kata laporan tersebut.
Makan Sup Daging Kucing, Mau?……

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger