01/03/11

Hebat! Kini Ponsel Jadi Alat Belajar Dunia


Headline
Foto: Istimewa
Oleh: Billy A. Banggawan
Teknologi - Selasa, 1 Maret 2011 | 15:03 WIB
INILAH.COM, Illinois – Peneliti Amerika Serikat (AS) menggunakan video pengajaran bergerak untuk menyampaikan edukasi vital di tiap bagian dunia berkembang. Manariknya, hal itu melalui ponsel.
Edukator dan fakultas di University of Illinois (UI) telah membuat video pengajaran yang bisa dilihat semua orang di seluruh dunia di rumah secara berulang kali di ponsel. Video itu bisa dengan mudah dipahami dan memuat perihal bertani, perlindungan terhadap penyakit, dan ekonomi.
Inisiatifnya memanfaatkan tersebar luasnya ponsel di dunia berkembang. Riset terbaru menemukan, 60% dari 2,4 miliar pengguna ponsel berasal dari negera berkembang.
“Hal ini merupakan paradigma yang sangat berbeda dari beberapa proyek pembangunan lainnya saat ini, yang pendidik AS diterbangkan ke bagian lain dunia untuk berinteraksi dengan orang-orang di lapangan selama beberapa minggu hingga beberapa bulan,” kata Profesor Entomologi UI Barry Pittendrigh. "Dari perspektif keuangan, hal ini jauh lebih murah dibanding pembangunan internasional."
Animasi mengurangi biaya pembuatan video pada topik tertentu dan membuat daya tarik universal. Video itu dinarasi dan bisa direkam dalam bahasa dengan dialek atau aksen.
“Video animasi ini dirancang agar dengan mudah bisa disesuaikan dengan budaya lain,” kata spesialis bidang ekstensi UI Julia Bello-Bravo. "Kami juga menangkap pengetahuan lokal dan memasukkannya ke video. Jadi ketika mereka melihat maka terkesan akrab”.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger