11/03/11

Aman! Jakarta Bebas Tsunami Jepang


Headline

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Rahmat Priyono, Kepala Subbidang Informasi Dini Gempa Bumi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) saat dihubungi INILAH.COM pada Jumat (11/3).
"Tsunami tidak akan sampai ke daerah Jakarta. Kawasan yang rawan bencana itu hanyalah wilayah timur seperti Jayapura, Manokwari, Maluku dan lainnya," kata Priyono saat dihubungi via telepon.
Gelombang tsunami dikabarkan hanya menjangkau kawasan timur di perairan Amerika Serikat dan Amerika Latin serta kawasan tenggara hingga mencapai Papua dan sekitarnya, ujar Priyono lagi. Sebelumnya, beredar SMS yang mengabarkan Jakarta rawan terkena bencana tsunami akibat gempa bumi Jepang.
Gempa bumi berkekuatan 8,9 SR mengguncang Jepang, Jumat (11/3). Titik pusat gempa terletak 373 km dari Tokyo, berdasarkan data Badan Geologi AS (USGS). Terjadi tsunami.
Pacific Tsunami Warning Centre, Hawaii, memperingatkan keberadaan tsunami di kawasan Pasifik. Indonesia pun diminta berhati-hati. Tsunami dikabarkan berdampak pada Jepang, Rusia, Pulau Marcus, Guam, Taiwan, Filipina, Indonesia dan Hawaii, Amerika Serikat. 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger